Tidak Membajak

Tidak membajak buku, software, film, musik, dan karya intelektual lain merupakan sebuah pilihan. Jika kita mau, kita bisa tidak membajak. Pencuri ayam yang berusaha menyambung hidup pun harus dihukum, bagaimana dengan para pencuri musik, film, software yang bahkan bukan kebutuhan pokok?

Inti dari blog ini adalah mengenai bagaimana caranya agar Tidak Membajak dan ini bukan berarti Harus Membeli.

Monday, May 29, 2006

Tidak mampu membeli?

Alasan kebanyakan orang ketika ditanya "mengapa membajak?" adalah karena "tidak punya uang untuk membeli yang asli". Apakah Anda termasuk orang-orang tersebut?

Sekarang saya ingin balik bertanya: "jika Anda punya uang, apakah Anda akan membeli yang asli?" karena kebanyakan orang yang saya temui tetap tidak membeli yang asli meskipun mereka memiliki uang. Contohnya seperti ini: orang tersebut mampu membeli iPod (asli, bukan MP3 player tiruan iPod), tapi isi lagu dalam iPod tersebut semuanya adalah bajakan. 

Jika alasan untuk tetap membajak adalah karena ketidakmampuan secara finansial, cobalah untuk tidak membajak mulai dari hal yang kecil yang tidak membutuhkan uang. Cara termudah adalah dengan mengganti sebagian software yang Anda miliki dengan versi gratis. Anda tidak mengeluarkan uang sama sekali, dan hanya perlu sedikit berusaha untuk mengenal software gratis tersebut (Anda tentu mampu berusaha sedikit bukan?).

Saya masih banyak menemui orang yang memakai WinZip bajakan, dan ketiika disarankan memakai 7-zip yang gratis, mereka tidak mau memakainya, dengan alasan "kurang enak dipakai". Masih banyak orang yang "mau enaknya sendiiri", dan tidak peduli dengan orang lain. Jika Anda ingin yang gratis/murah, tentunya Anda perlu menyesuaikan diri, dan jika Anda tidak suka, tentunya Anda harus membayar.

Beberapa pembuat perangkat lunak juga mengeluh jika sofwarenya dibajak, atau jika pembayarannya tidak lancar, padahal dia juga menggunakan software bajakan. Saya banyak menemui developer yang menghasilkan puluhan juta rupiah dari perangkat lunak yang dia pakai, tapi tidak pernah terpikir untuk mulai membayar untuk perangkat lunak tersebut.

Kita juga sering mengeluh dengan banyaknya koruptor di negeri ini,  namun jika kita turut membajak, kita sendiri juga merupakan koruptor. Mari mulai dari diri sendiri untuk memperbaiki negeri ini.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home