Tidak Membajak

Tidak membajak buku, software, film, musik, dan karya intelektual lain merupakan sebuah pilihan. Jika kita mau, kita bisa tidak membajak. Pencuri ayam yang berusaha menyambung hidup pun harus dihukum, bagaimana dengan para pencuri musik, film, software yang bahkan bukan kebutuhan pokok?

Inti dari blog ini adalah mengenai bagaimana caranya agar Tidak Membajak dan ini bukan berarti Harus Membeli.

Monday, May 22, 2006

Mengapa Jangan Membajak?

Ada beberapa alasan mengapa kita perlu mendapatkan aneka macam hal dengan legal:

  • Semua orang yang bekerja patut mendapatkan upahnya. Dengan membeli musik, film, buku atau software, maka para pekerja akan mendapatkan bayarannya.

  • Mencuri milik orang lain itu berdosa (bukan hukum dunia, tapi hukum akhirat).

  • Pembajakan merugikan bangsa kita, karena pihak asing tidak mau berinvestasi (setidaknya di bidang software) karena masalah pembajakan
Jika Anda tidak mampu membeli makan, apakah Anda akan mencuri atau merampok? (meskipun dari orang kaya) Ataukah Anda akan berusaha mencari makan dengan jujur? Membajak buku, software, film, dan musik umumnya bukan kebutuhan pokok, jadi jika bisa tidak membajak, mengapa harus membajak?

Khusus bagi Anda yang berada dalam salah satu bisnis yang melibatkan karya intelektual (musik, film, buku, dll), Anda juga perlu memberi contoh agar Anda karya Anda juga tidak dibajak.

1 Comments:

  • setuju,,,,,
    makasi banyak atas infonya. awalnya saya sebelum tobat untuk mendownload lagu dan software bajakan bahkan ebook merasa bingung apakah pembajakan itu boleh apa tidak.apalagi hukum di negara kita belum tegas untuk itu.tetapi setelah membaca situs anda tentang jangan membajak saya menjadi sadar bahwa pembajakan itu adalah dosa bukan hanya di dunia tetapi juga di akhirat.karena tindakan ini sama dengan mencuri dan tidak menghargai jerih payah banyak orang dari berbagai pihak yang telah dilibatkan.

    terimakasih....

    By Anonymous Anonymous, at 6:36 AM  

Post a Comment

<< Home