Tidak Membajak

Tidak membajak buku, software, film, musik, dan karya intelektual lain merupakan sebuah pilihan. Jika kita mau, kita bisa tidak membajak. Pencuri ayam yang berusaha menyambung hidup pun harus dihukum, bagaimana dengan para pencuri musik, film, software yang bahkan bukan kebutuhan pokok?

Inti dari blog ini adalah mengenai bagaimana caranya agar Tidak Membajak dan ini bukan berarti Harus Membeli.

Tuesday, May 23, 2006

Tidak Membajak Film

Film sering dibajak, terutama dalam bentuk DVD/VCD. Hal ini terjadi mengingat harga DVD memang cukup mahal, dan banyak yang tidak mau membeli VCD yang teknologinya lebih "kuno", meskipun harga legalnya lebih murah. Selain dengan membeli VCD legal yang masih terjangkau, masih ada alternatif lain menonton film yang legal.

Alternatif pertama adalah televisi. Saat ini setiap channel televisi berlomba memutar film yang cukup bagus jika Anda ingin hiburan. Jika Anda tidak suka film yang terlalu kuno, Anda bisa berlangganan TV kabel atau satelit, yang rata-rata biaya langganan per bulannya 150-250 ribu (tergantung channel pilihan Anda). Anda bisa menikmati film seri yang baru diputar di luar negeri, tanpa perlu membeli DVD bajakannya.

Alternatif kedua adalah dengan menyewa di rental VCD/DVD. Perhatikan bahwa tidak semua rental VCD/DVD sifatnya legal. Banyak rental yang menyewakan film bajakan, atau menyewakan film yang sebenarnya tidak untuk disewakan. Nama rentarl besar seperti Video Ezzy biasanya dapat dipercaya.

Alternatif ketiga adalah menonton di bioskop. Bioskop 21 yang bagus memang mahal, tapi jika dana Anda terbatas, Anda bisa memilih bioskop 21 yang ada di "pinggiran", yang gedungnya tidak terlalu bagus, tapi tiketnya lebih murah (apalagi di saat nomat).

Di Internet tidak banyak situs yang berjualan film atau menyediakan film gratisan yang bagus, namun Anda bisa mencoba iTunes untuk menyaksikan serial TV terbaru (dan lama) yang harganya sekitar $2 per episode (memang cukup mahal, tapi jika Anda hanya mengikuti satu serial, ~20 ribu/minggu rasanya masih bisa diterima). Saat ini orang Indonesia memang belum boleh mendaftar di iTunes, jadi Anda perlu menitip pada teman Anda untuk dibelikan voucher yang bisa Anda pakai untuk membeli Video di iTunes.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home