Tidak Membajak

Tidak membajak buku, software, film, musik, dan karya intelektual lain merupakan sebuah pilihan. Jika kita mau, kita bisa tidak membajak. Pencuri ayam yang berusaha menyambung hidup pun harus dihukum, bagaimana dengan para pencuri musik, film, software yang bahkan bukan kebutuhan pokok?

Inti dari blog ini adalah mengenai bagaimana caranya agar Tidak Membajak dan ini bukan berarti Harus Membeli.

Tuesday, May 23, 2006

Tidak Membajak Buku Kuliah/Pelajaran

Buku pelajaran berbahasa Inggris memang mahal, dan kadang kala tidak ada alternatif lain selain membajak. Undang-undang kita dalam batasan tertentu mengijinkan pemakaian karya cipta dalam pendidikan tanpa membayar. Batasan boleh atau tidak menggunakan karya bajakan dalam pendiidikan sebenarnya agak kurang jelas, karena jika semua buku pelajaran lokal dibajak, maka tidak akan ada lagi orang yang mau menulis buku pelajaran untuk lokal.

Terlepas dari legal atau tidak memakai buku bajakan dalam pendidikan, sebaiknya, jika bisa, gunakanlah buku resmi. Untuk bidang ilmu komputer, banyak situs menyediakan buku elektronik yang legal dan gratis, untuk bidang ilmu yang lain, sudah ada usaha-usaha untuk menciptakan buku yang legal, walaupun saat ini masih kurang lengkap (contohnya wikibooks.org).

Cara resmi yang paling mudah untuk mendapatkan buku secara legal adalah dengan meminjam di perpustakaan atau membaca diperpustakaan. Aneka macam jurnal dan paper juga dapat ditemui di perpustakaan dengan biaya yang relatif murah. Menyalin beberapa halaman buku juga diijinkan dalam batas tertentu (dinamakan right of fair use) jika memang Anda sangat memerlukan untuk keperluan pendidikan Anda.

Beberapa situs seperti safari.oreilly.com juga menyediakan sistem berlangganan perpustakaan digital. Dengan sistem tersebut, Anda bisa mendapatkan akses ke perpustakaan digital yang berisi ribuan buku yang bisa Anda akses kapan saja. Tergantung pada kebutuhan Anda, penggunaan perpustakaan digital mungkin lebih murah dari membeli buku versi cetak. Tentu Anda perlu memiliki akses Internet, tapi saat ini semakin banyak hotspot gratis di seluruh Indonesia.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home